Rabu, 10 Januari 2018

Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Siung Jogja – Pantai siung Jogja merupakan salah satu pantai terbaik yang terletak daerah Gunung kidul Yogyakarta dengan menyimpan berjuta keindahan alam di dalamnya. Pantai ini memang bukanlah pantai yang cukup terkenal di kalangan pantai yang terletak di kawasan Gunungkidul lainnya, namun sebenarnya pantai ini memiliki potensi alam yang sangat mengagumkan.

Pantai Siung yang terletak di desa purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. letaknya memang cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, untuk menempuhnya kurang lebih membutuhkan jarak 80 Km dari Pusat Kota Jogja. Atau kurang lebih 3 jam naik kendaraan pribadi. Perjuangan berat menanti anda yang ingin berkunjung ke Pantai Siung Jogja, namun semuanya akan terbayarkan setelah anda datang ke kawasan Pantai Ini.

Apa yang menarik dari Pantai Siung Jogja?

Cerita singkat mengenai pantai siung Jogja ini berasal dari masyarakat sekitar yang menceritakan jika nama pantai ini di diambil dari batuan karang yang menyerupai gigi taring monyet yang dalam bahasa jawa adalah siung monyet, maka nama ini Pantai ini dinamakan Pantai siung, monyet sendiri memang di pantai ini sering kali terdapat monyet berekor panjang dari dataran tinggi batu karang yang turun untuk meminta makanan.


Pantai ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, pantai yang bersih juga pasir putih yang membuat suasana pantai ini semakin menarik untuk di menikmati liburan. Selain keindahan pantai, anda juga akan di berikan pemandangan batuan karang yang menjulang tinggi nan kokoh, batuan karang yang tinggi tersebut digunakan oleh pengelola pantai digunakan untuk wahana wisata panjat tebing batu karang yang kokoh. Cocok sekali untuk anda yang bernyali ekstrem mencoba wahana panjat tebing ini.

Tidak hanya satu spot untuk memanjat tebing tetapi di pantai ini tersedia sekitar 250 spot panjat tebing dengan tingkat kesulitan yang berbeda – beda, sehingga pantai ini mendapat penghargaan sebagai The Best Climbing Rocks Site in Yogyakarta.

Selain panjat tebing, anda juga dapat berkemah di atas batu karang maupun di pinggir pantai, jika saat anda berkemah cuaca bersahabat maka anda dapat menikmati bermalam diatas gemerlapnya bintang – bintang dilangit dan juga suara gerusan air ombak menerpa batuan karang. Untuk berkemah tidak ada syarat khusus untuk itu, tetapi anda hanya di berikan pemahaman untuk tidak sembarangan mendirikan camp, seperti jangan mengokotori area pantai baik dengan sampah maupun dengan benda lainnya yang dapat merusak habitat biota laut.

Atau jika anda datang dengan banyak orang, anda dapat menyewa rumah panggung yang terbuat dari kayu, rumah panggung ini dapat menampung 10 – 15 orang didalamnya. Untuk anda yang datang seperti dengan keluarga besar, maupun teman lama alumni sekolah sangat cocok untuk menyewa rumah panggung ini sebagai tempat menginap di pinggir pantai siung ini.


Pada siang hari, anda dapat menikmati suasana pantai dengan menyewa payung besar di pinggir pantai, layaknya di pinggir pantai kelas internasional lainnya, anda tidak perlu keluar negeri untuk m Membuat Foto Prewedding di Pantai Siung

Karena keindahan alamnya, Pantai Siung Jogja juga sering digunakan lokasi untuk pemotretan prewedding. Dengan perpaduan alam pantai dan juga tebing – tebing yang tinggi, foto prewedding anda akan sangat terlihat eksotik dan juga mengagumkan. berikut ini beberapa contoh hasil foto prewedding di Pantai Siung Jogja.endapatkannya karena anda dapat menikmatinya di pantai siung.


Fasilitas Pantai Siung Jogja


Pantai ini di lengkapi dengan fasilitas yang terbilang standar seperti pantai – pantai lainnya, yaitu lahan parkir, tempat makan seperti restoran atau warung makan di area pantai siung yang menyajikan jajakan kuliner khas Yogyakarta, Mushola, Toilet dan sayangnya disini belum terdapat penginapan seperti hotel di sekitaran pantai Siung. Tetapi anda dapat menyewa tenda atau rumah panggung untuk bermalam di pantai ini.

Alamat dan Akses Menuju Pantai Siung Jogja


Dari pusat Kota Yogyakarta terdapat 1 rute saja untuk menempuh tempat wisata pantai Siung, yaitu dari pusat kota menuju timur menggunakan jalan Nasional III yang mengarah ke Kabupaten Wonosari, kemudian dari Wonosari dilanjutkan menuju Kabupaten Gunung Kidul sebelah timur yang beralamat lengkap di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.


Untuk menempuhnya anda dapat menggunakan kendaraan pribadi agar lebih efisien dan juga praktis, jika tidak menggunakan kendaraan pribadi anda dapat menggunakan kendaraan umum seperti bus, namun sering kali bus menyita banyak waktu anda yang terbuang, maka sebaiknya menyewa kendaraan di daerah pusat kota Yogyakarta. Anda dapat menyewa sepeda motor maupun mobil untuk menempuh tempat wisata pantai Siung.


Selain itu pantai ini juga sangat dekat dengan pantai lainnya yang berada di daerah Gunung Kidul seperti pantai Nglambor, Pantai Sepanjang, Pantai Kuwaru, pantai Wedi Ombo dan pantai Kukup