Sabtu, 13 Januari 2018

Pantai Wedi Ombo Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai wedi ombo, dalam bahasa indonesia yang artinya pasir yang luas. Barang kali bagi para wisatawan yang mendengarnya membayangkan pantai dengan pasir putih yang luas. Tapi sayang nama Pantai wedi ombo tidak memiliki pasir yang luas, seluas nama nya.



Pantai wedi ombo sendiri di dominasi dengan batuan karang dengan pasir putih yang tidak terlalu luas. Sebelah barat dan timur di dominasi bukit karang, membuat area pasir ini tak seluas di gumuk pasir Parangtritis atau pantai glagah di kulon progo.



Tapi jangan salah, walaupun hamparan pasir pantai wedi ombo tak seluas yang di bayangkan, justru dengan bukit-bukit karang lah yang membuat pantai wedi ombo memiliki keindahan yang fantastis. Apalagi disana terdapat sebuah kolam alami dari batuan karang yang membuat pantai wedi ombo menarik.



Lokasi Dan Rute Menuju Pantai Wedi Ombo Gunungkidul


Pantai yang termasuk rekomendasi wisata pantai di yogyakarta ini terletak di kelurahan Jepitu, Kec Girisubo, Kab Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai wedi ombo ini memang terletak agak jauh dari pantai-pantai yang lain, seperti pantai indrayanti, pantai krakal, pantai baron.



Rute menuju pantai wedi ombo pun sangat mudah. Rute dari kota yogyakarta menuju ke pantai wedi ombo ini hampir sama dengan rute menuju ke pantai-pantai di gunung kidul yang lain. dari kota yogyakarta wisatawan langdung mengambil ke arah jalan wonosari. Dilanjutkan menuju ke arah kota wonosari.



Dari kota wonosari perjalanan di lanjutkan ke arah timur melewati pasar wonosari. Pertigaan setelah pasar ambil kanan menuju jalur pantai baron. setelah 10 km dari pertigaan tadi nanti akan ketemu sebuah pertigaan yang menunjukan arah pantai wedi ombo dan pantai pulang syawal / pantai indrayanti. Tinggal ikuti saja petunjuk tersebut.

                                              
                       
                          


Dari pertigaan tadi perjalanan di lanjutkan menuju ke arah pantai indrayanti kira-kira masih sejauh 15 km . Bagi para wisatawan yang belum pernah kesana jangan khawatir, sepanjang perjalanan banyak terdapat petunjuk jalan kok. Atau jika ragu-ragu bertanyalah kepada warga sekitar. dengan senang hati mereka akan menunjukan jalannya.



Nanti setelah sampai di pasar jepitu ada pertigaan ambil saja arah kekanan kira-kira 5 kilometer, Jangan kaget ya kalau sampai di parkir pantai wedi ombo, Karena untuk sampai di pantai wedi ombo pengunjung harus menuruni puluhan anak tangga terlebih dahulu.



Fasilitas Di Pantai Wedi Ombo Gunung kidul

Hampir sama dengan pantai-pantai lain di gunung kidul. Pantai wedi ombo sudah tersedia toilet dan kamar mandi yang bersih dan terawat. Untuk Beribadah umat muslim pengelola pantai wedi ombo juga sudah menyediakan mushola kecil di sana lengkap dengan beberapa mukena dan sarung.



Untuk memanjakan perut para pengunjung, di sepanjang pantai wedi ombo tersedia banyak warung makan yang menyajikan beraneka menu dan masakan ikan laut. Makanan khas gunung kidul pun tersedia disana, seperti tiwul dan belalang goreng.



Sayangnya di pantai wedi ombo belum tersedia penginapan, losmen, homestay, guesthouse ataupun hotel. Jadi bagi para wisatawan yang ingin menginap bisa menginap di penginapan terdekat yaitu di pantai indrayanti. Atau jika ingin menikmati pengalaman yang berbeda bisa camping di pantai wedi ombo.

Berendam Di Kolam Alami Hingga Menikmati Keindahan Sunset Pantai Wedi Ombo


Ada hal yang menarik dan belum banyak diketahui oleh wisatawan yang berkunjung ke pantai indrayanti yaitu kolam alami. Bahklan terakhir tim piknik asik berkunjung ke pantai wedi ombo kami sama sekali tidak mengetahui keberadaan kolam ini, mungkin karena terlalu terburu-buru.




Kolam alami pantai wedi ombo sendiri terbentuk secara alami dari susuan batu karang yang membentuk sebuah kolam alami dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. Kolam alami pantai wedi ombo ini adalah salah satu alternatif jika para pengunjung ingin sekali mandi di air laut.



Selain kolam alami yang unik, pantai wedi ombo adalah spot paling pas untuk mengabadikan moment sunset. Dengan posisi pantai yang hampir menghadap ke barat sempurna, terdpat juga sebuah tebing karang yang agak menjorok, membuat sunset pantai wedi ombo semakin indah.