Minggu, 14 Januari 2018

Pantai Sadranan Gunung kidul Yogyakarta

Pantai Sadranan
Seakan-akan gunungkidul selalu saja menyembunyikan surga surga tersembunyi di jogja. bayangkan dari ujung barat gunung kidul sampai ujung timur ada saja tempat wisata yang unik dan tidak akan di temukan di tempat lain di indonesia.

Beberapa waktu yang lalu baru ngehits sebuah pantai di gunungkidul sebagai tempat snorkling yaitu pantai nglambor . Tapi ternyata tidak hanya pantai nglambor  yang bisa digunakan untuk snorkling di gunungkidul. Ada beberapa pantai lain di di gunungkidul yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan bawah laut, salah satunya adalah pantai sadranan.


Hampir sama dengan pantai lain di jogja pantai sadranan adalah pantai di gunungkidul dengan karakter pasir berwarna putih dan karang di pinggir pantai, hanya saja di pantai sadranan karang cenderung sedikitt serta di dominasi pasir putih saja.

Pantai yang berada di antara pantai krakal dan pantai indrayanti ini masih sangat sepi dan masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Hanya ketika hari libur saja akan sedikit lebih ramai dari pada hari-hari biasa. Tapi itulah yang menjadi daya tarik pantai sadaranan. Sepi dan tenang.

Lokasi Lengkap Dan Rute Menuju Pantai Sadranan Gunungkidul
Pantai sadranan ini secara administratif berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul jogja. berada satu kompleks dengan pantai-pantai lain di gunungkidul. Hanyas aja akses menuju kesana tidak semulus dengan pantai-pantai lain di gunungkidul. Jalan masih cenderung rusak.

Rute menuju pantai sadranan juga sangat mudah. Dari kota jogja langsung saja menuju ke gunungkidul melewati jalan wonosari. setelah sampai di kota wonosari, setelah pasar wonosari ambil kanan ke arah pantai baron. Setelah sampai di pantai baron masih ketimur lagi nanti di kanan jalan sudah ada papan nama menuju pantai sadranan.

Fasilitas Di Pantai Sadranan Gunungkidul
Fasilitas di pantai sadranan sendiri cukup lengkap. Mulai dari rumah makan yang menyediakan menu seafood sampai toilet dan kamar mandi juga sudah tersedia.



Jika pengunjung membawa rombongan yang cukup banyak di pantai sadranan gunung kidul tersedia sebuah gasebo besar yang muat di isi belasan orang. Sangat cocok bagi wisatawan yang mengadakan pesta di pinggir pantai secara kecil kecilan.

Atau jika membawa rombongan cuma beberapa orang saja atau satu keluarga cukup menyewa gazebo kecil-kecil yang banyak berderet di pinggir pantai sadranan. Atau bisa juga tiduran di pinggir pantai dengan menyewa payung pantai dengan karpetnya. untuk harga biasanya berksiar antara 10.000 sampai 25.000 rupiah.
Di pantai sadranan juga terdapat sebuah penginapan yang berada di atas bukit. Sebuah penginapan yang sangat indah dengan view lautan luas. Atau bisa juga mendirikan tenda di pinggir pantai. Hanya saja pengelola pantai biasanya akan memperingatkan pengunjung jika membuang sampah bekas camp di pinggir pantai
NAh yang paling seru adalah snorkling di pantai sadranan. Jika sebelumnya pantai nglambor sebagai pioner snorkling di gunungkidul maka pantai sadranan adalah lokasi yang tidak kalah indah. Bahkan ada beberapa ikan langka dan di lindungi yang berada di pantai sadranan.




Untuk snorkling di pantai sadranan pengunjung bisa menyewa peralatan snorkling sebesar 50.000 sepuasnya. Waktu yang cocok untuk snorkling adalah pagi hari antara jam 06.00-08.00 pagi. dan jika di sore hari antara jam 04.00 – 18.00. Tapi kebanyakan wisatawan lebih memilih disore hari sambil menikmati sunset yang sangat menawan.


Untuk melengkapi perjalanan wisata pantai anda. jangan lupa mampir di  pantai indrayanti jogja . Jarak  dari pantai sadranan menuju pantai indrayanti tidak terlalu jauh. Hanya sekitar 15 menit perjalanan (pas tidak macet).