Selasa, 16 Januari 2018

Pantai Ngetun Wonosari Tepus

Pantai Ngetun Wonosari Tepus memang belum banyak diketahui sehingga jarang pula yang mengunjungi. Namun sebenarnya pantai ini menyimpan rahasia pemandangan yang begitu eksotis. Sayang untuk dilewatkan tempat wisata di Gunung Kidul yang satu ini. Pasir putih yang halus dengan bebatuan tebing yang membuatnya semakin menawan. Tempat wisata yang paling cocok untuk menyepi dan mencari inspirasi.



Alamat Pantai Ngetun Gunung Kidul berada di kawasan Dusun Sureng, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Lokasi Pantai Ngetun sebaris dengan pantai keren lainnya seperti pantai pok tunggal, pantai timang , pantai suing. Jika belum pernah mengunjunginya, dan merasa kebingungan dengan petunjuk arah maka Anda bisa bertanya kepada penduduk sekitar yang akan memberikan penjelasan dengan lancar. Keindahan pantai ini akan semakin terasa manakala anda sudah melewati berbagai rintangan perjalanannya. Segera akan mendengar deburan ombak yang membuat kaki segera ingin berlari untuk mencapai wisata Gunung Kidul tersebut.

Jalan menuju pantai ngetun, bila anda telah melewati perjalanan panjang dari Yogyayakarta, selanjutnya anda akan bertemu dengan jalan berbatu sehingga mengakibatkan perjalanan anda kurang nyaman. Setelah itu akan melewati dua pedesaan. Kendaraan yang digunakan diberhentikan dan parkir di sebuah pusat mata air. Untuk selanjutnya Anda harus berjalan kaki. Jalanan yang dilalui pun jalan yang terjal berbatu dan cukup licin.

Begitu sampai di lokasi Pantai Ngetun Gunung Kidul yang tersembunyi itu, Anda akan ditakjubkan dengan pantai yang dihiasi pasir putih serta dilengkapi deburan ombak yang menerjang batu-batu karang. Lengkap dengan pegunungan berwarna hijau dan banyaknya pepohonan di sekitar membuat suasana di sekeliling pantai makin teduh. Jika anda ingin mencari tempat bersantai tak perlu bingung, tersedia luas semua tempat untuk anda. Silahkan nikmati bekal makanan anda tak perlu khawatir kepanasan.

Pantai Ngetun agak sulit dicari memang, dan untuk sampai ke sana kamu harus berjuang keras. Begini rute pantai ngetun wonosari yogyakarta, Pertama kamu harus menemukan SDN IV Tepus yang keberadaannya juga agak tersembunyi di balik semak belukar. Gedung sekolah itu berwarna kuning. Cari amannya, Biar nggak kesasar kamu bisa bertanya ke penduduk setempat atau melihat denah Pantai Ngetun Gunungkidul Yogyakarta.



Setelah kamu menemukan SDN IV Tepus, kamu bisa melewati jalan yang di sampingnya dengan mengikuti jalan beton. Lalu akan sampai pada pertigaan kuburan keramat dan lurus saja.

Jalur Menuju Puncak Kosakora Jogja : Yogyakarta > Piyungan > Patuk > Gading > Wonosari > jl. Baron > Baron > Kukup > pantai Drini (lanjut dengan berjalan kaki ke arah timur melalui pantai Ngrumput ) > Puncak Kosakora

Bukit kosakora tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah saja, tetapi disana kamu dapat mendengarkan damainya deburan ombak dan merasakan khasnya angin pantai yang membuat kamu betah berlama-lama. Pelataran puncak bukit kosakora cukup luas, ada pembatas pagar bambu supaya kamu bisa berjalan dan memandang hamparan samudra sejauh mata memandang.

kamu hanya akan ditarik Rp 2.000 saja untuk menikmati kawasan bukit kosakara. Bukit kosakara memang sengaja dimanfaatkan sebagai objek wisata yang dikembangkan oleh masyarkat setempat sendiri. Bukit ini masih dibiarkan alami sehingga pemandangan masih sangat asri.

Belum banyaknya pengunjung membuat Anda merasa nyaman berlibur di Pantai Ngetun Gunung Kidul ini. Anda sensasi ketenangan yang berbeda yang belum ditemukan dan dirasakan saat berada di pantai lain. Anda juga dapat bersosialisasi dengan warga setempat yang biasa ditemui di sekitar pantai. Mereka biasa memburu ikan ataupun lobster. Lokasi tersebut memang terkenal dengan habitat ikan dan lobster Sapalah mereka dengan ramah. Mereka akan senatiasa menyambut anda dengan ramah pula. Bahkan dapat memberikan informasi atau hal-hal tertentu yang berkaitan dengan objek wisata d sekitar situ yang mungkin belum anda ketahui.

Pantai Ngetun Gunung Kidul akan semakin asyik manakala kamu bisa berpapasan dengan penyu yang naik ke daratan untuk bertelur. Atau jika mau anda bisa bertanya pada warga sekitar kapan kira-kira penyu tersebut mulai naik ke pantai, jadi, anda bisa pas melihatnya, atau bagus lagi jika mau diabadikan di kamera tuh.



Akan tetapi yang perlu diketahui adalah penyu hanya akan naik ke daratan saat bertelur di malam hari. Jadi, anda harus siap bergadang malam jika ingin menyaksikannya.mau tidak mau Anda harus bergadang malam di Pantai Ngetun. Bila tidak ditemui penyu, anda masih bisa menemukan banyak ikan yang sangat mudah terlihat di tepian pantai. Bahkan anda dapat menangkap dan membakarnya untuk teman malam, atau yang ingin dibawa pulang sebagai oleh-oleh juga nggak masalah, sudah dipersilahkan.



Seperti pantai di gunungkidul lain pada umumnya, Pantai Ngetun juga punya bukit-bukit sebagai pelengkap keindahannya. Saat badan sudah dilelahkan oleh aktivitas di pasir, kita bisa beranjak bangkit mendaki bukit-bukit untuk mencari suasana baru, sejenak melupakan penat. Atau mencari kesejukan mata dengan melihat berbagai pemandangan yang indah. Dengan berhiaskan pepohonan rindang yang hijau di sekitar. Cocok sekali untuk area camping di Pantai Ngetun. Di tambah birunya air Samudra Hindia, jika di ambil foto tentunya akan sangat memuaskan karena mengabadikan cerita pengalaman berkemah anda.



Sebenarnya pantai ini tak jauh berbeda dengan objek wisata pantai gunungkidul lainnya. Hanya kurang terawat saja yang membuat objek wisata ini agak sedikit tertutup dibanding lainnya. padahal, Pantai Ngetun mempunyai pasir dengan tekstur yang cukup lembut. Di bibir pantai, ombaknya tidak begitu tinggi, sangat pas untuk anda yang ingin sekedar basah-basahan.

Sudah bisa ditebak mengapa orang jarang mengunjungi tempat ini tak lain adalah karena infrastruktur jalannya sangat tidak layak dilewati. Kita akan diberi tantangan cukup luar biasa yang membuat jantung dapat berdetak ketakutan manakala sudah sampai sekitar 3 km mendekati area pantai. Pasalnya jalannya penuh dengan liku. Jadi harus ekstra hati-hati.


Maka, tak salah jika Pantai Ngetun menjadi pilihan tepat bagi anda yang ingin menghabiskan waktu libur dengan persiapan yang apa adanya. Tak perlu banyak persiapan karena di sinilah tempat yang paling cocok untuk anda bersahabat dengan alam.